1

Kemenhub: Dua Maskapai Tertarik Jadi Investor Tigerair Mandala

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bahwa maskapai penerbangan Tigerair Mandala sedang goyang dan membutuhkan investor baru. Manajemen perusahaan kini sedang mencari investor untuk memberikan suntikan dana agar Tigerair Mandala tetap bisa beroperasi.

Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan bahwa dua maskapai penerbangan yang tertarik berinvestasi pada Tigerair Mandala adalah Citilink Indonesia dan Indonesia AirAsia. ” Mandala katanya lagi goyang, mereka sedang mencari investor. Sudah ada dua posisi investor, Citilink dan Indonesia AirAsia. Finalnya belum tahu karena mereka belum lapor ke kita,” katanya Djoko Murjatmodjo seperti dilansir detikFinance.

Menurut Djoko Murjatmodjo, Tigerair Mandala sudah melaporkan rencananya mencari investor baru kepada Menteri Perhubungan EE Mangindaan. Meskipun demikian, maskapai penerbangan yang berafiliasi dengan Tigerair dari Singapura itu belum melaporkan rencananya kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara selaku regulator. “Mereka lapor ke menteri, dan Mandala sudah lapor. Setelah itu dia proses, setelah selesai, dia nanti datang lapor ke kita, nanti kita revisi Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP), karena dalam SIUP itu ada pemegang ssahamnya,” tutur Djoko.

Di sisi lain, Citilink Indonesia yang berminat membeli saham Tigerair Mandala itu juga berencana menjual 40 persen sahamnya. “Itu skema bisnisnya, bisa juga dia jual saham 40 persen, hasilnya dipakai untuk membeli saham (Tigerair Mandala) itu kan bisa. Skema bisnis kan macam-macam,” ungkap Djoko.

Meskipun demikian, hingga kini belum diketahui secara pasti investor yang akan membeli 40 persen saham Citilink Indonesia. Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar hanya mengambil bahwa saham Citilink diminati oleh dua maskapai penerbangan.

Kabarnya, Singapore Airlines menjadi maskapai penerbangan yang akan membeli 40 persen saham Citilink. Selanjutnya Citilink akan mengambil alih 40 persen saham Tiger Airways Holdings Limited pada Tigerair Mandala. Singapore Airlines sendiri merupakan salah satu pemilik saham Tiger Airways Holdings Limited, selaku operator maskapai penerbangan berbiaya rendah Tigerair. Meskipun demikian, kabar ini belum dikonfirmasi kepada pihak yang terkait.

Foto: Arif Fauzi / PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Sumber : www.indo-aviation.com